DOSEN

Mereka ini tergolong guru atau pengajar. Docent (bhs Latin) berarti pengajar atau orang yang bertindak sebagai guide (pemandu).

Peranan mereka terkait dengan pendidikan. Motto pendidikan Ki Hadjar Dewantoro untuk para guru: Ing ngarso sung tulodho, ing madya mangun karso, tutwuri handayani (di depan memberikan teladan, di tengah memberdayakan dan di belakang berjalan sambil memberikan dukungan bagi muridnya).

Guru/dosen berperan lebih luas daripada menyampaikan ilmu pengetahuan (knowledge) atau ketrampilan (skills). Mereka bukan trainer yang kerap tidak mengenal secara pribadi para muridnya karena terbatas memberikan skills.

Guru dan dosen membentuk karakter muridnya. Menanamkan disiplin itu kunci utamanya. Antara lain disiplin berpikir, berkata-kata dan bertindak (PiKaTin). Inilah budaya yang akan terus dikembangkan di Universitas Katolik Widya Karya Malang. Disiplin berpikir berdasar logika membangun manusia yang tertib dan teratur. Ini menuntut pengorbanan. Singkatnya, logika membentuk karakter mulia pula.

Mereka yang berpikir secara disiplin akan berkata-kata secara disiplin pula. Buah pikirannya tertuang dalam berbicara mengikuti tata bahasa dan tata krama berbahasa. Bekal disiplin berpikir dan berbahasa akan membantu orang berdisiplin pula dalam bertindak. Mereka akan menjadi manusia yang kritis, rasional, obyektif dan dewasa dalam memecahkan masalah.

Dua jalan yang membantu proses penanaman ketiga disiplin itu ialah membaca dan menulis. Keduanya juga membantu guru dan dosen menjadi pendidik profesional. Pertanyaannya, berapa persen dari dosen dan guru di Indonesia membaca buku, jurnal dan tulisan-tulisan ilmiah serta menulis secara ilmiah?

Ing ngarso sung tulodho dari mereka benar-benar diperlukan. Apalagi generasi muda sekarang mengalami lompatan dari budaya lisan ke mental digital. Kebiasaan membaca dilewati. Risikonya tinggi: hilangnya literasi; daya kritis rendah; dan dimanipulasi mudah sekali. Contoh konkretnya kita saksikan akhir-akhir ini. Provokasi laku sekali!

Sambil menaruh harapan tinggi kepada para guru dan dosen, marilah kita berdoa agar mereka dilimpahi berkah; mendapat apresiasi dan reward tinggi. Semoga dengan demikian mereka mampu terus menanamkan harapan kokoh pada generasi muda kita.

Universitas Katolik Widya Karya, Malang

25 November 2016

Hari Guru Nasional

 

 

 

 

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*